Cara merawat anjing yang baik


Tips Merawat (Grooming) Anjing Yang Baik    

Anjing yang baru Anda pelihara sebaiknya dirawat dengan baik dan di bersihkan dengan rutin.  Alasannya: Perawatan secara teratur akan membuatnya tetap sehat dan bersih, membuat Anjing Anda merasa nyaman.

Perawatan saat Anjing Anda baru saja datang.

Anjing yang baru, biasanya belum terbiasa untuk dirawat oleh Anda, bersabar dan bertindaklah lembut padanya, mungkin saja dia masih takut. Saat pertama membawa pulang anjing Anda, periksalah kondisi kulit dan bulunya. Carilah apakah ada kelainan seperti luka, bengkak, atau kutu (parasit). Jika Anda menemukan sesuatu yang aneh, segera hubungi dokter hewan untuk meminta saran.

 

 

Bulu Sehat, Anjing Sehat

Kondisi kesehatan anjing baru Anda dapat dilihat dari bulunya. Bulu yang kusam, rapuh dan lemah berarti mengindikasikan anjing Anda tidak mendapatkan vitamin atau nutrisi yang dibutuhkan.

Jangan lupa, bertanyalah pada dokter hewan tentang makanan/diet Anjing Anda, serta sisakanlah beberapa menit untuk menyisir dan menyikat bulunya karena hal ini dapat memberikan perbedaan besar terhadap penampilan Anjing Anda. Anjing Anda pun akan terlihat lebih baik.

Perawatan rutin yang Anda lakukan, tidak hanya membuang bulu dan kulit mati, tetapi juga dapat mendistribusi minyak alami yang dihasilkan anjing Anda dan mencegah timbulnya parasit serta penyakit kulit.

Seberapa Sering Sebaiknya perawatan dilakukan?

Sebaiknya Anda menyikat/menyisir bulunya secara rutin, tapi tentu saja Anjing dengan bulu tebal serta panjang membutuhkan frekuensi perawatan yang lebih lama dibandingkan anjing berbulu pendek. Jika Anjing Anda sering menghabiskan waktu di luar ruang, akan dibutuhkan perawatan yang lebih sering Karena Anda harus menghilangkan setiap kotoran yang Anda temukan.

Dasar-Dasar Perawatan (Grooming).

Tipe sikat atau sisir yang digunakan untuk perawatan haruslah disesuaikan dengan jenis bulu Anjing kesayangan Anda atau hasil akhir yang diinginkan. Misalnya, jika Anda melakukan penyikatan bulu dengan cara biasa, menggunakan sisir atau sikat kecil saja sudah cukup.

Anda juga bisa mencari sisir yang sekaligus dapat mengangkat bulu mati atau rambut kusut (tapi agak kasar jika digunakan untuk menyisir sehari-hari). Ada juga sikat khusus yang membuat alur rambut atau bulu tampak halus.

Ketika Anda membeli alat-alat perawatan.

Jangan lupa baca dulu kegunaan dan cara pemakaian alat tersebut. Untuk anjing berbulu pendek, mulailah menyikat kearah berlawanan searah jatuhnya bulu, setelah itu sikatlah kearah yang benar. Jika Anda memiliki anjing yang berbulu tebal, luangkan waktu untuk lebih intensif menyikatnya.

Anjing berbulu panjang dan tebal perlu disisir dan disikat dengan hati-hati namun agak bertenaga. Beberapa jenis lainnya, Poodle contohnya, perlu dirapihkan secara teratur, tapi Terrier tidak memerlukan pemotongan rambut yang teratur.

Saat Anda menyikati anjing Anda, jangan lupa untuk memperhatikan, adakah gumpalan atau benjolan yang tidak wajar pada bulu dan kulitnya. Ini untuk menjaga kesehatan kulitnya juga.

Sumber, http://www.pedigree.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s